Wednesday, January 27, 2016

Analisa USD/CAD Diperkirakan Akan Turun Menjelang FOMC



Hari ini diperkirakan USD/CAD akan mengalami penurunan menjelang FOMC. Hal ini lebih dikarenakan banyak pihak yang memperkirakan bahwa pertemuan yang akan diadakan pada pukul 02:00 WIB nanti tidak akan terlalu banyak tindakan yang akan ditempuh oleh Federal Reserve dalam mengatur kebijakan moneter.

Diperkirakan Tidak Akan Ada Kenaikan Suku Bunga Sebelum Bulan Maret

Sebanyak 11 bank memperkirakan Federal Reserve bersedia untuk menahan diri untuk menaikan suku bunga untuk saat ini. Kenaikan suku bunga ke dua diperkirakan paling cepat sekitar bulan Maret, namun banyak juga yang memperkirakan kenaikan suku bunga kedua akan terjadi melewati bulan Maret.

Komentar 11 Bank Besar

Socgen
Socgen adalah bank multinasional asal Perancis, yang berpusat di kota Paris. Socgen memperkirakan tidak akan ada langkah kebijakan yang akan diambil pada saat pertemuan FOMC pagi ini. Socgen memperkirakan kenaikan suku bunga kedua sangat mungkin akan terjadi pada bulan Maret.

ING
ING adalah bank multinasional asal Belanda, yang berpusat di kota Amsterdam. ING memperkirakan bahwa FOMC yang akan diadakan pagi ini akan memberikan perhatian terhadap tekanan ekonomi global. ING memperkirakan kenaikan suku bunga akan terjadi pada bulan Maret.

Namun, ING memperkirakan hal itu sangat memungkinkan jika terdapat data pendukung yang cukup kuat. ING lebih cenderung memperkirakan kenaikan kedua akan terjadi pada bulan Juni dan Q4 tahun 2016, sementara itu Federal Reserve merencanakan akan melakukan kenaikan suku bunga sebanyak empat kali pada tahun ini, menurutnya itu terlihat tidak realistis.

Danske Bank
Danske Bank adalah bank komersil asal Irlandia Utara, yang merupakan salah satu bank tertua di Irlandia Utara. Danske Bank juga merupakan bagian dari “The Big Four Banks in Ireland”. Danske Bank memperkirakan tidak ada proyeksi perkembangan dari kebijakan Federal Reserve.

Danske Bank memperkirakan akan terjadi tiga kali kenaikan suku bunga pada tahun ini (April, September, Dan Desember).

RBC CM
RBC CM adalah bank yang bergerak di bidang investasi asal Kanada. RBC CM memperkirakan pertemuan FOMC pada Januari ini hanya berisi pernyataan dan tidak ada informasi tambahan dari perkembangan ekonomi. Diperkirakan pernyataan FOMC bernada “dovish” jika berkaca pada inflasi yang ada pada saat ini.

Rabobank
Rabobank adalah bank multinasional asal Belanda yang berpusat di kota Utrecht. Rabobank memperkirakan FOMC akan tetap menjaga suku bunga yang ada pada saat ini. Rabobank memperkirakan kenaikan suku bunga tidak akan terjadi sebelum bulan Juni.

TD Bank
TD Bank adalah bank asal Amerika Serikat, yang berpusat di kota Portland. TD Bank memperkirakan pertemuan FOMC akan menunggu konfirmasi data ekonomi mendatang. TD Bank memperkirakan kenaikan suku bunga akan terjadi pada bulan Maret.

Deutsche Bank
Deutsche Bank adalah bank asal Jerman, yang berpusat di kota Frankfurt. Deutsche Bank memperkirakan kenaikan suku bunga akan terjadi pada pertemuan FOMC selanjutnya.

MUFG
MUFG adalah bank asal Jepang, yang berpusat di kota Tokyo. MUFG memperkirakan kenaikan suku bunga akan terjadi pada bulan Maret, dan tentunya tidak akan terjadi pada pertemuan FOMC pada saat ini yang akan berlangsung pada pukul 02:00 WIB.

Nomura
Nomura adalah perusahaan yang bergerak di bidang finansial asal Jepang, yang berpusat di kota Tokyo. Nomura memperkirakan tidak akan terjadi kenaikan suku bunga pada pertemuan FOMC yang akan diadakan pagi ini pukul 02:00 WIB. 

Menurut Nomura hal ini lebih disebabkan oleh melambatnya pertumbuhan ekonomi, anjloknya harga minyak dunia,  FOMC akan lebih cenderung memonitoring perkembangan ekonomi terutama pada sisi inflasi, dan terakhir Nomura berharap FOMC melihat lebih dekat penilaian untuk menyadari resiko yang terlihat lebih buruk.

RBC
RBC adalah bank terbesar asal Kanada, yang berpusat di kota Toronto. RBC berpendapat tidak mengejutkan jika scenario yang disiapkan “dovish”. FOMC diperkirakan lebih memilih untuk melihat perkembangan ekonomi internasional pada saat ini.

Investec
Investec adalah perusahaan yang bergerak di bidang bank serta asset management asal Inggris, yang berpusat di kota London. Investec memperikan tidak akan terjadi perubahan kebijakan moneter untuk saat ini.

Analisa Teknikal USD/CAD

Teknikal analisis USD/CAD
USD/CAD
Berdasarkan gambar di atas terlihat dengan jelas bahwa harga gagal menembus resistance yang terletak pada 1.4119. Selain itu, candlestick juga berada di bawah ketiga garis moving average. Hal ini menguatkan dugaan pelemahan untuk pasangan mata uang USD/CAD saat ini.

Selain itu, jika disandingkan dengan komentar 11 bank besar hasilnya akan semakin mempertegas pelemahan pada pasangan mata uang USD/CAD. Namun, perlu disadari bahwa pertemuan FOMC ada suatu peristiwa penting, jadi sangat memungkin untuk harga bergerak sangat “volatile” pada saat pertemuan nanti.

Akan lebih baik jika menunggu hasil pertemuan FOMC, serta jika ingin melakukan sell akan lebih baik dilakukan pada resistance 1.4320, hal ini dilakukan untuk memperoleh range yang lebih besar jika dibandingkan dengan range yang ada pada saat ini.

0 comments :

Post a Comment