Thursday, February 4, 2016

Alasan Toshiba Melakukan PHK


Kerugian Toshiba meningkat secara drastis
Toshiba

Perusahaan Toshiba, pada hari Kamis ini telah berhasil mencatat rekor kerugian terbesar dalam sejarah perusahaan, selama kurun waktu 140 tahun. Hal ini terjadi setelah perusahaan mencatatkan pembukuan dari berbagai unit usaha, dan juga termasuk di dalamnya berasal dari sektor energi dan sektor infrastruktur.

Membengkaknya Biaya Operasional

Dalam pembukuan tersebut diketahui pula bahwa, biaya perusahaan untuk dapat menjalankan operasinya mulai mengalami pembengkakan. Untuk catatan pembukuan keuangan tahunan yang berakhir pada bulan Maret, Toshiba akan mencatatkan kerugian bersih sebesar 710 miliar yen atau sekitar 6 miliar dollar amerika.

Kerugian ini lebih besar dari pada perkiraan sebelumnya pada bulan Desember, yang hanya 550 miliar yen. Pendapatan perusahaan tidak mengalami perubahan tetap sebesar 6.2 triliun yen, namun pada bagian operasional mengalami revisi dari hanya 340 miliar yen menjadi 430 miliar yen.

Pada periode satu tahun yang lalu, Toshiba mengalami kerugian bersih sebesar 37.8 miliar yen.

Penyebab Rapuhnya Bisnis Toshiba

Semenjak skandal pembukuan Toshiba mulai terekspos, portofolio usaha perusahaan mulai mengalami kerapuhan sejak tahun lalu. Chief Executive Toshiba, Masashi Muromachi kemudian mulai menerapkan sistem pemangkasan jumlah karyawan, serta menutup operasional unit usaha yang tidak termasuk dalam jajaran inti unit usaha dari Toshiba.

Total Karyawan Toshiba Yang Di PHK

Kemudian pada saat ini, Toshiba telah berupaya untuk memulihkan kondisi keuangan perusahaan dari dampak yang disebabkan adanya skandal pembukuan. Pada bulan Desember, Toshiba telah berencana  akan melakukan pemangkasan tenaga kerja sebesar 6,800 pada unit usaha konsumsi elektronik, sehingga jika di total dengan rencana yang telah diumumkan oleh Toshiba sebelumnya, maka pemangkasan tenaga kerja berjumlah lebih dari 10,000 pekerja.

0 comments :

Post a Comment