Monday, January 11, 2016

80 Persen Kemungkinan Dollar Amerika Kembali Menguat

Setelah data Commitment Of Traders (COT) yang terbaru dirilis menunjukan adanya kecenderungan bahwa permintaan Dollar Amerika semakin tinggi, hal tersebut sangat layak menjadi pusat perhatian para trader, terlebih data index sentiment menunjukan bahwa aksi beli Dollar Amerika kini telah mencapai angka 80 %.

Pencapaian angka 80 % ini bukanlah batasan atau level klimaks dari pergerakan harga mata uang, namun ini justru merupakan suatu pemicu terjadinya aksi beli Dollar Amerika secara besar-besaran. Pergerakan mata uang dikatakan akan memiliki range harga yang sangat besar apabila index sentiment tersebut mencapai angka 70 %.

Jika, index sentiment tersebut kurang dari angka 70 % sepengalaman kami, range harga yang dimiliki tidak terlalu besar, bahkan dapat cenderung sempit atau sangat memungkinkan terjadinya sideway.

Daftar Mata Uang Yang Diperkirakan Memiliki Range Besar

Mata Uang Beli Jual
USD
80.62 %
19.38 %
EUR
22.71 %
77.29 %
GBP
37.27 %
62.73 %
JPY
51.57 %
48.43 %
AUD
43.50 %
56.50 %
NZD
52.46 %
47.54 %
CHF
53.68 %
46.32 %
Index Sentimen Mata Uang

Berdasarkan sentiment index di atas mata uang yang diperkirakan memiliki range besar adalah Dollar Amerika, dan Euro. Dollar Amerika memiliki index sentimen beli sebesar 80.62 %, sementara itu mata uang Euro memiliki index sentiment jual mencapai 77.29 %. Jadi, jika mengacu pada data di atas akan hanya ada dua mata uang yang diperkirakan akan memiliki range harga besar.

Range harga yang besar ini, sangat diminati oleh para trader karena poin yang dihasilkan atau diperoleh akan sangat besar, dan jika range harga besar maka arah pergerakan akan semakin jelas terlihat.

Efek Negatif Dominasi Yang Berlebihan

Jika, melihat angka index sentiment Dollar Amerika yang mencapai 80.62 % tentu akan sangat terlihat jelas bahwa membeli Dollar Amerika adalah pilihan yang terbaik. Namun, perlu kita sadari bahwa data Commitment Of Traders (COT) khusus untuk mata uang Dollar Amerika bukanlah yang tertinggi. Untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi artikel “ prediksi pound sterling akan mengalami tekanan jual “.

Berdasarkan data yang lalu khusus mata uang Dollar Amerika berhasil memperoleh angka 51,028. Jika, dibandingkan dengan kondisi data yang ada pada saat ini yaitu hanya pada angka 40,709. Tentu hal ini sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan data pada minggu-minggu sebelumnya.

Pada minggu-minggu sebelumnya sentimen index tidak berhasil mencapai 80 % bahkan melampaui 80 % untuk data sebesar 51,028. Hal ini tentu saja dapat menjadi tanda peringatan bagi yang berkeinginan untuk membeli Dollar Amerika. Namun, hal ini tidak berlaku bagi yang memiliki keinginan untuk menjual atau melepas sebagaian Dollar Amerika yang dimilikinya.

Karena dengan adanya peringatan seperti ini berarti bahwa dominasi penguatan Dollar Amerika akan mereda atau jika memungkinkan penguatan Dollar Amerika akan segera berakhir, sehingga akan terjadi jual besar-besaran Dollar Amerika.

0 comments :

Post a Comment