Monday, January 11, 2016

Analisa Forex EUR/JPY Cenderung Menguat



Sejak dimulainya sesi perdagangan asia, Eur/Jpy terlihat memiliki kecenderungan untuk menguat. Hal ini tampak dengan jelas setelah munculnya pola “ lower high “, serta “ higher high ”. Munculnya pola tersebut, semakin mempertegas pergerakan Eur/Jpy untuk menguat.

Sentimen Negatif Sharp Elektronik

Tepat pada hari ini tanggal 11 Januari 2016, pemerintah Jepang kembali menawarkan dana investasi sebesar 200 miliar Yen atau sekitar 1.71 miliar Dollar Amerika. Dana ini diberikan untuk membantu operasional Sharp Elektronik. 

Dikutip dari Nikkei business daily dikatakan bahwa Sharp Elektronik juga akan mencari dana pinjaman sebesar 150 miliar Yen dari kreditur untuk dialihkan ke dalam saham-saham pilihan yang dimasukan ke dalam “ debt for equity swap “.

Sharp Elektronik juga mendapatkan penawaran investasi dari “ Taiwan’s Hon Hai Precision Industry Co Ltd, yang dahulu dikenal dengan nama perusahaan “ Foxconn “.

Dampak Penguatan Yuan

Sebagai salah satu mata uang yang juga dapat berfungsi sebagai lindung nilai atau “ safe haven “ mata uang Yen kembali melemah dikarenakan mata uang Yuan berada di posisi yang lebih tinggi jika dibandingkan pada posisi yang sebelumnya.

Analisa Teknikal

Analisa Teknikal
Eur/Jpy Chart
Berdasarkan gambar di atas terlihat bahwa pada saat ini harga berada di bawah garis moving average ( 50 ) magenta, yang berarti bahwa ada kemungkinan harga tidak berhasil melanjutkan untuk kembali menguat. Selain itu garis moving average ( 5 ) biru, berada di bawah garis moving average ( 10 ) merah hal ini semakin memperkuat bahwa Eur/Jpy mulai memiliki kecenderungan untuk melemah.

Namun, perlu disadari bahwa pada saat ini Eur/Jpy berada tepat di atas support level yang kuat terletak pada harga 127.92. Selain itu harga berhasil merespon keberadaan level 61.8 % dari Fibonacci Retracement. Hal, ini juga semakin memperkuat pandangan bahwa Eur/Jpy sedang berada pada jalurnya untuk mencoba naik.

Munculnya pola candlestick engulfing pada harga 127.92 semakin melemahkan kemungkinan harga untuk bergerak turun lebih jauh lagi dari 127.92. Namun, perlu diperhatikan apabila harga berhasil terjatuh melewati level 61.8 % dari Fibonacci Retracement justru akan memudarkan pandangan Eur/Jpy untuk tetap menguat.

Hal ini dikarenakan, sangat kecil kemungkinannya jika harga yang berhasil melewati level 61.8 % dari Fibonacci Retracement akan dapat kembali berada di atas level tersebut, mengingat dorongan untuk melewati level 61.8 % dari Fibonacci Retracement sering kali terasa sangat kuat, sehingga sangat sulit untuk direndam.

Jika harga berhasil melewati level 61.8 % dari Fibonacci Retracement memunculkan kemungkinan bahwa harga akan menuju atau mengetest support level yang terletak pada 127.03, atau bahkan akan mencapai level terendah dari Fibonacci Retracement yaitu pada level 100 %.

0 comments :

Post a Comment