Logo Ford |
Secara resmi Ford Motor
menyatakan memilih untuk keluar dari Indonesia dan Jepang, dikabarkan situasi ekonomi
masing-masing negara membuat ford kesulitan untuk menaikan penjualannya atau
menghasilkan keuntungan yang cukup untuk tetap melanjutkan operasionalnya di
negara-negara tersebut.
Negara Manakah Yang Paling Sulit Untuk Menjual Mobil ??
Jepang adalah negara yang sangat
dikenal paling tertutup, dalam masalah pembangunan ekonomi industry otomotif di
dunia, di Jepang setiap tahunnya terhitung kurang dari 6 % seluruh merek import
berhasil melakukan penjualan mobil baru.
Neal McCarthy mengatakan,
perjanjian 12 negara yang tergabung dalam “Trans Pasific Partnership Trade
Agreement” yang berlaku pada saat ini tidak akan mampu membantu Ford untuk
tetap berada di sana. Pada tahun lalu Ford hanya mampu menjual sebanyak 6,100
kendaraan untuk jenis mobil dan truck, sementara itu di Jepang hanya mampu
menjual sebanyak 5,000, dimana ia menuduh bahwa salah satu penyebabnya adalah
pemerintah melindungi merek dalam negeri.
Ford Motor, melalui email yang
telah dikirimkan menyatakan bahwa keputusan tersebut telah dikomunikasikan
kepada seluruh pekerja, dan dealers pada hari Senin. Ford Motor menyatakan
bahwa akan keluar dari negara tersebut sebelum akhir tahun, serta berencana
untuk menjelaskan kepada customersnya mengenai komitmennya dalam layanan purna
jual seperti layanan perbaikan kendaraan, ketersediaan suku cadang, dan masalah
garansi perbaikan kendaraan.
Faktor Penyebab Ford Sulit Untuk Bersaing Di Indonesia
Neal McCarthy dirinya mengatakan
bahwa di Indonesia, sangat sulit untuk Ford berkompetisi tanpa adanya bantuan
pabrik lokal, serta sulit bagi Ford untuk menjual kendaraan di pasar segmen
utama. Ford telah melakukan restrukturisasi bisnis namun tetap hanya memiliki
pangsa pasar kurang dari 1 % “tidak ada alasan untuk keuntungan yang meningkat,”
ucapnya.
Jumlah Karyawan Ford Yang Terkena PHK Di Indonesia
Dikutip dari Reuters, di
Indonesia total tenaga kerja Ford sendiri sebanyak 35 orang. Jumlah dealer
rekanan Ford Motor Indonesia (FMI) mencapai puluhan unit yang tersebar sebanyak
20 provinsi di Indonesia.
Sejarah Ford Di Indonesia
Ford Motor, bukanlah pendatang
baru industri otomotif di Indonesia. Ford telah hadir di Indonesia sejak tahun
1989, namun keberadaanya berada di bawah agen perwakilan yang bernama Indonesia
Republic Motor Company (IRMC). Kemudian, tepat pada bulan Juli tahun 2000 Ford
Motor Indonesia diresmikan sebagai agen tunggal penjual merek (ATPM) Ford di
Indonesia.
0 comments :
Post a Comment