Tuesday, January 26, 2016

Sentimen Beli Yen Meningkat Hampir 5 Persen



Batu tulis bank of japan
Bank Of Japan
Berdasarkan data Commitment OfTraders (COT) yang baru saja di rilis untuk pekan ini diketahui bahwa mata uang yen mengalami peningkatan minat beli cukup tinggi. Kemudian, data ini diperkirakan akan dijadikan sebagai sentiment positif pada mata uang yen.

Sentimen Beli Lebih Dari 60 %

Mata Uang Beli Jual
USD
81.74 %
18.26 %
EUR
25.17 %
74.83 %
GBP
33.12 %
66.88 %
JPY
64.34 %
35.66 %
AUD
35.75 %
64.25 %
NZD
45.50 %
54.50 %
CHF
50.92 %
49.08 %
Tabel Sentimen Jual Beli

Mata uang yen jika dibandingkan dengan data sebelumnya mata uang yen memiliki sentimen beli hanya berada di bawah 60 % lebih tepatnya berada pada level 59.61 %. Namun, untuk minggu ini data yang diperoleh melebihi angka 60 % bahkan mendekati level 65 %. Data sentimen beli mata uang yen pada minggu ini adalah sebesar 64.34 %.

Lalu untuk mata uang dollar amerika jika dibandingkan dengan minggu lalu mengalami penurunan. Pada minggu lalu sentiment beli dollar amerika berada pada level 83.52 % kini turun menjadi 81.74 %. Selain itu untuk mata uang euro yang masih berada pada level negatif. Memiliki sentimen jual sebesar 74.83 %. Data ini mengalami penurunan selama tiga minggu berturut-turut.

Jual Yen Sejak Tahun 2012

Para pelaku pasar berdana besar telah menjual yen secara konsisten sejak akhir tahun 2012, hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dari tindakan yang akan ditempuh oleh perdana mentri Jepang, Shinzo Abe serta janjinya mengenai kebijakan pelonggaran moneter. 

Setelah Haruhiko Kuroda mengambil alih kepemimpinan di Bank Of Japan pada tahun 2013, dirinya melaksanakan apa yang pernah diucapkan oleh Shinzo Abe dan ia pun melakukan stimulus secara agresif. Tiga tahun berlalu, data CFTC menunjukan bahwa hedge fund kini tidak meragukan apa yang telah dilakukan oleh Haruhiko Kuroda, seperti gambar di bawah ini.

Gambar data COT
Tabel Posisi Mata Uang

Dukungan Pelemahan Yen

Penasihat perdana mentri Shinzo Abe, Koichi Hamada mengatakan bahwa pada saat ini Bank Of Japan (BOJ) masih membutuhkan kebijakan moneter yang longgar. Sementara itu mantan wakil gubernur Bank Of Japan (BOJ) Kazumasa Iwata dirinya mengatakan bahwa yen masih memiliki peluang untuk melemah pada minggu ini.

Tidak Ada Sinyal

Menteri ekonomi Jepang Akira Amari pada selasa ini dirinya mengatakan bahwa Bank Of Japan (BOJ) tidak bersedia memberikan komentar lanjutan apakah akan mengambil langkah kebijakan pelonggaran moneter, ketika dirinya ditanyakan mengenai peluang pelonggaran moneter tambahan pada minggu ini.

0 comments :

Post a Comment