Tuesday, January 19, 2016

Hari Ini EUR/JPY Diprediksi Menguat



Gubernur Bank Of Japan
Haruhiko Kuroda
Pasangan mata uang Euro dengan Yen Jepang diprediksikan akan kembali menguat. Prediksi ini muncul setelah  Gubernur Bank Of Japan, Haruhiko Kuroda muncul dihadapan public untuk memberikan komentar tentang pandanganya terhadap perkembangan ekonomi Jepang untuk saat ini dan bahkan mendatang.

Isi Pernyataan Haruhiko Kuroda

Mengenai isi pernyataan Gubernur Bank Of Japan, Haruhiko Kuroda tentang outlook ekonomi Jepang dapat anda lihat seperti dibawah ini!!

  1. Gubernur Bank Of Japan, Haruhiko Kuroda berpendapat bahwa trend ekonomi Jepang untuk saat ini masih dalam trend positif. Ekonomi Jepang tetap masih dapat meningkat.
  2. Bank Of Japan akan melakukan suatu penyesuaian kebijaksanaan tanpa keraguan demi memperbaiki ekonomi Jepang ditengah kekacauan ekonomi global, namun hal itu menurutnya hanya akan dilakukan jika memang diperlukan.
  3. Haruhiko Kuroda kemudian juga berpendapat, pencapaian target akan berlangsung pada paruh waktu kedua atau pertengahan tahun 2016.
  4.  Haruhiko Kuroda juga berpendapat bahwa Quantitative and Qualitative Easing (QQE) yang dilakukan oleh Bank Of Japan semata-mata hanya dilakukan untuk mencapai target inflasi 2%.
  5. Kemudian dirinya juga berpendapat jangan melihat rendahnya likuiditas Japanese Government Bonds (JGB) atau jangan menjadikannya suatu masalah pada saat ini.

Membandingkan Dengan Data COT

Berdasarkan data Commitment OfTraders (COT) yang terbaru diketahui bahwa pada saat ini mata uang Euro mengalami pengikisan tekanan jual. Sementara disisi lain, untuk mata uang Japanese Yen mengalami peningkatan beli. 

Namun, sepengalaman saya penguatan beli di mata uang Japanese Yen, kadang kala justru akan berlawanan jika diterapkan pada pasangan mata uang Eur/Jpy.

Analisa Eur/Jpy

Setelah mengetahui isi pernyataan dari Haruhiko Kuroda, Gubernur Bank Of Japan yang bernada “dovish”, kemudian kembali memperhatikan kondisi data Commitment Of Traders (COT), saatnya mengaplikasikannya ke dalam sebuah chart guna meraih keuntungan. 

Prediksi Eur/Jpy hari ini
Gambar Chart Eur/Jpy
Jika memperhatikan kondisi chart di atas harga gagal menembus support yang terletak pada level 127.31. Kemudian, jika memperhatikan garis moving average biru (5) dengan moving average merah (10) terlihat sudah mengalami “crossing”.

Kemudian, jika diperhatikan kembali harga mendapatkan perlawanan garis moving average magenta (50). Terlihat harga bersusah payah menembus garis tersebut. Selain itu jika diperhatikan secara seksama maka akan terlihat pola ascending triangle. Dengan munculnya pola ini memunculkan gambaran bahwa untuk sementara harga akan berusaha naik menuju 128.79.

Hal ini perlu dilakukan guna memvalidasi pola ascending triangle yang terbentuk belum sempurna. Kemudian, sebagai langkah antisipasi jika harga bergerak ke bawah bahkan menembus support yang terletak pada 127.31. Dapat dipastikan Eur/Jpy kembali mengalami tekanan jual.

0 comments :

Post a Comment