Tuesday, January 26, 2016

Analisa Eur/Jpy Hari Ini Menguat Antisipasi Stimulus BOJ



Tepat pada malam ini eur/jpy terpantau akan terus menguat, hal ini diduga sebagai bentuk antisipasi pelonggaran kebijakan moneter yang diperkirakan akan terjadi pada minggu ini. Selain itu, munculnya berbagai dukungan terhadap perdana mentri Shinzo Abe untuk melanjutkan pelonggaran kebijakan moneter.

Yen Adalah Salah Satu Mata Uang Paling Aman

Sejak awal bulan Januari 2016 ini, yen terus mengalami penguatan hal ini terjadi sebagai respon dari kekacauan yang ditimbulkan dari bursa saham Cina serta pembuktian bahwa mata uang yen adalah salah satu mata uang paling aman. 

Bank Of Japan (BOJ) menilai bahwa, nilai tukar efektif tahun lalu berhasil mengenai level nilai tukar terendah sejak tahun 1970. Pelemahan nilai tukar yang terjadi pada saat ini adalah lebih disebabkan oleh factor keenganan Bank Of Japan (BOJ) untuk melanjutkan Quantitative and Qualitative Easing (QQE) pada tahun lalu.

Analisa Teknikal Eur/Jpy

Analisa eur/jpy
Eur/Jpy Chart
Berdasarkan gambar di atas terlihat bahwa harga merespon keberadaan support yang terletak pada harga 127.81. Selain itu pada saat ini posisi candlestick juga berada di atas garis moving average 50 (magenta). Kemudian jika diperhatikan secara lebih detail, terlihat telah terjadi crossing ke atas antara garis moving average 5 (biru), dengan garis moving average 10 (merah).

Kesimpulan

Berdasarkan keterangan-keterangan di atas, sangat memungkin jika pada saat ini yen mengalami pelemahan. Selain itu berdasarkan artikel sebelumnya juga diketahui bahwa telah terjadi dukungan kepada perdana mentri Jepang, Shinzo Abe untuk kembali melanjutkan program stimulus yang telah dicanangkannya sejak beberapa tahun yang lalu.

Kemudian jika kembali melihat hasil analisa teknikal eur/jpy di atas juga dapat disimpulkan bahwa eur/jpy sangat berpotensi untuk kembali menguat. Hal ini terjadi karena, telah terjadi crossing yang mengarah ke atas antara moving average 5 dan 10.

Berdasarkan gambar di atas sangat memungkinkan eur/jpy untuk kembali menyentuh resistance yang terletak pada harga 128.80. Hal ini lebih disebabkan faktor teknikal dan isu yang terjadi selama ini mengenai rencana kebijakan pelonggaran ekonomi moneter jepang.

Namun, perlu diperhatikan jika harga berhasil menembus support yang terletak pada harga 127.81. Jika harga berhasil menembus support tersebut bias dipastikan harga akan mencari support yang lebih rendah lagi untuk dijadikan sebagai pondasi penguatan eur/jpy.

0 comments :

Post a Comment